Sunday, September 20, 2015

Mengamati Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 0-12 bulan

Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 0-12 bulan. Hallo, bagaimana kabar bayi ayah bunda saat ini? Pada kesempatan kali ini, duniabayi-online akan membahas seputar pertumbuhan dan perkembangan bayi. Kita akan mengamati pertumbuhan mereka secara seksama. Dengan mengetahui perkembangan bayi dair waktu ke waktu, ayah dan bunda akan lebih siap menghadapi berbagai perubahan yang menakjubkan.

pertumbuhan bayi 0-12 bulan


Pertumbuhan Bayi Usia 0 -1 bulan 
Ketika bayi ayah dan bunda berusia 0 tahun sampai 1 tahun, biasanya akan terjadi perkembangan fisik dan motorik yang cukup dominan. Selain itu ada banyak aspek lain yang juga akan mengalami perkembangan. Masa ini akan menjadi dasar bagi perkembangan bayi selanjutnya. Pada masa awal kelahiran (usia 0 tahun hingga 1 bulan), akan banyak gerakan refleks yang dilakukan bayi. Sebagai contoh, bayi akan cenderung menangis ketika kurang menerima sentuhan. Namun bayi juga akan menangis ketika mendapatkan stimulasi berlebihan. Ketika ayah dan bunda terlalu bersemangat mengajaknya bermain, misalnya.

Pertumbuhan Bayi Usia 1-2 bulan
Pada usia 1 bulan hingga 2 bulan, biasanya bayi telah dapat membalas senyuman ayah bunda. Ia juga akan sering tersenyum secara spontan. Bayi pada usia ini juga mulai menunjukkan ocehan meskipun belum jelas. Perkembangan juga tampak pada kemampuan ia mengangkat kepala sampai sekitar 45⁰. Mata juga telah dapat mengikuti benda-benda di sekitarnya yang bergerak. Selain itu, bayi anda juga sudah mulai bisa berasosiasi. Ia mulai mengetahui bahwa ketika ia menangis, maka ia akan mendapatkan susu.

Pertumbuhan Bayi Usia 2-3 Bulan
Di masa pertumbuhan selanjutnya, di usia 2 – 3 bulan, kemampuan bayi dalam mengontrol otot mata akan bertambah. Bayi mulai bisa tertawa, berteriak, berpegangan dan dan bisa mengangkat kepalanya sendiri sampai setinggi 90⁰ disaat dalam keadaan tengkurap.

Pertumbuhan Bayi Usia 3-4 Bulan
Pada masa ini, kepala bayi sudah bisa tegak ketika didudukkan. Ia juga akan mampu memandang tangannya. Memegang benda-benda di sekitarnya. dan dapat menoleh ke samping kanan dan samping kiri.

Pertumbuhan Bayi Usia 4-5 Bulan
Bayi berusia 4 hingga 5 bulan biasanya sudah bisa mengangkat dadanya sendiri di saat ia dalam keadaan tengkurap. Ia juga sudah bisa tengkurap sendiri dan atau telentang. Pada usia ini, ia bisa juga mengamati benda disekitar dan ketika ada suara kerincingan ia bisa menoleh kearahnya.

Pertumbuhan Bayi Usia 5-6 Bulan
Pada masa pertumbuhan selanjutnya yaitu di usia 5 – 6 bulan,  bayi sudah mulai dapat memberikan kontrol gerak tangan dan kepalanya. Hal tersebut bisa dilihat dengan usahanya untuk meraih mainan atau benda lain menurutnya menarik yang berada di dekatnya. Bayi juga sudah bisa menoleh ketika namanya dipanggil. Selain itu, bayi usia ini bisa memasukkan tangannya sendiri atau makanan ke dalam mulutnya.

Pertumbuhan Bayi 6-7 Bulan
Saat bayi memasuki usia 6 bulan - 7 bulan,  ia mulai bisa duduk tanpa dipegang. Si kecil mulai bisa mencari letak benda yang jatuh di dekatnya atau benda yang disembunyikan. Pada masa ini ia juga mulai bisa mengucapkan satu suku kata.

Pertumbuhan Bayi 7-8 Bulan
Pada masa pertumbuhan bayi usia 7 – 8 bulan sudah mulai mampu memegang benda-benda dengan menggunakan kedua tangan. Si kecil juga sudah mampu menyambungkan suku kata seperti mamama, dll. Ia juga sudah mulai belajar berdiri dengan cara dipegangi.

Pertumbuhan Bayi Usia 9-12 bulan
Nah, pada usia 9 – 12 bulan bayi bisa berdiri tanpa bantuan orang lain. Tangannya sudah bisa melambai dan menunjuk dengan tujuan tertentu. Ia juga bisa memanggil ayah dan bunda. di usia yang mendekati usia 1 tahun ini  ia sudah dapat mengontrol otot punggung sehingga ia mampu duduk sendiri tanpa bantuan orang lain.

Di akhir tahun pertamanya, kemampuan berdiri dan berjalan mulai dikuasai! Bagaimana cara mengajarkan anak berjalan? Baca artikel sebelumnya: Tips Mengajarkan Anak Berjalan.

Mengamati Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi 0-12 bulan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nael Tria Prasetyani

0 comments:

Post a Comment