Saturday, September 19, 2015

12 Tips Mengatasi Bayi Menangis

12 Tips Mengatasi Bayi Menangis - Kewalahan menangani bayi anda saat menangis? Hadapi dengan tenang dan tetap objektif. Jangan panik. Terkadang kepanikan bisa menambah permasalahan.

Menangis adalah hal normal dalam kehidupan bayi. Tangisan bisa berarti bentuk komunikasi seorang bayi dengan orang lain. Itu karena mereka belum dapat mengatakan apa yang mereka rasakan melalui kata-kata pada umumnya. Ya, menangis memang satu-satunya cara bagi bayi untuk berkomunikasi. Ketika mereka merasa kurang nyaman, bayi akan menangis. Biasanya mereka akan menangis dalam keadaan seperti misalnya merasa lapar, kepanasan, kedinginan, pakaian terlalu ketat, merasakan sakit, dan lain-lain. Ketika bayi membutuhkan adanya seseorang, mereka akan menangis. Menangis adalah hal biasa pada bayi. Namun, walau biasa, ketika bayi menangis, tidak jarang membuat orang tua khawatir. Nah, memang benar, lebih baik kita mengenali penyebab mereka menangis agar lebih tahu apa yang harus kita lakukan sebagai orang tua.

cara atau tips mengatasi menghadapi bayi menangis


Daftar di bawah ini mungkin bisa menjadi pertimbangan ketika orang tua menghadapi bayi yang sedang menangis.

1. Jangan sampai anda mengguncang-guncangkan tubuh bayi saat mereka menangis, karena itu akan membahayakan mereka.

2. Perhatikan apakah pakaian mereka terlalu ketat? Pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan kulit bayi mengalami iritasi. Segera lepaskan pakaian tersebut.

3. Apakah ruangan tersebut cukup panas? Jika ya,  berikan mereka sedikit bantuan kipas angin, atau lebih baik jika jendela dibuka selama udara dilingkungan sekitar masih segar dan sehat.

4. Popok bayi anda basah? Lihat bagian tersebut. Jika ya, segera bersihkan dan keringkan dengan menggunakan handuk lembut.

5. Coba beri bayi anda ASI . Itu akan memberikan mereka rasa tenang.

6. Atau bayi anda kedinginan mungkn? karena cuaca di sekitar sedang dingin? Selimuti mereka dengna kain yang lembut.

7. Pangku bayi anda dan ajak jalan-jalan di dalam ruangan.

8. Anda memiliki mainan seperti boneka yang bisa memutarkan musik pekan? Coba berikan kepada bayi.

9. Dalam situasi tertentu, tidak masalah jika memberikan dot atau biarkan sejenak untuk menghisap jempol.

10. Kemungkinan bayi anda inginberubah posisi, segera pindahkan posisi bayi anda.

11. Alternatif lainnya, coba ajak mereka jalan-jalan keluar ruangan. jangan lupa bawa payung atau pelingdung dari panas dan hujan.

12. Jika cara-cara tersebut tidak mempan, anda bisa memeriksa bagian-bagian tubuhnya dengan seksama. Barangkali bayi anda perlu perawatan ekstra dari dokter.

Segera bawa ke dokter!

Demikian tips menghadapi bayi yang menangis. Dalam banyak kasus, mereka menangis sebagai sinyal komunikasi, namun bisa pula memiliki keluhan lainnya. Maka dari itu, tetaplah tenang, dan objektif. Jika diperlukan anda bisa bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman.

12 Tips Mengatasi Bayi Menangis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nael Tria Prasetyani

0 comments:

Post a Comment